Senin, 15 September 2008

Perlu Gak Sich KM di Perusahaan Farmasi???

Menurut Peter Drucker “the basic economic resource is no longer capital, nor natural resources, not labor. It is and will be knowledge”. Karena itulah KM (knowledge Management), dewasa ini, mulai memegang peranan penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Inti dari KM adalah me-manage intellectual capital dan intellectual assets “milik” perusahaan dan digunakan untuk meningkatkan performance perusahaan. Tujuan dari KM ini adalah agar intellectual assets “milik” perusahaan tidak hilang bersamaan dengan resign nya seorang pegawai sehingga perusahaan dapat mencegah timbulnya masalah saat hal itu terjadi. Di amerika, perusahaan-perusahaan farmasi (AstraZeneca dan Baxter) telah menggunakan KM sebagai suatu alat yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan bisnis farmasi. Karena dalam sebuah perusahaan farmasi, kehilangan intellectual capital merupakan bahaya yang paling besar yang harus dihadapi untuk itu sudah seharusnya perusahaan farmasi menerapkan KM sebagai alat untuk mentransfer wawasan dari R&D kepada manufacturing professional.

4 komentar:

yantinitra mengatakan...

yups bener, dari yang aku dapet, dengan menerapkan KM di perusahaan dapat meningkatkan intelektualitas, benefit, dan bisa tetep bertahan dalam persaingan globalisasi

Anisa mengatakan...

Halo2 yunika...!
emang ya KM itu ternyata bisa diaplikasikan di berbagai jenis perusahaan... farmasi, manufaktur, IT, dsb.
bagus yun! keep on the good work!!

btw, just for an information, kalo perusahaan gw tu bergeraknya di bidang IT. hehe

Nova mengatakan...

halow..bu yun,,,
puasa2 gini tetep smangat aja ni,,
hehehe,,
teman,,, hidup semakin berat marilah kita terus berjuang menatap masa depan,,,
hidup
(mantabh kan..)

Anonim mengatakan...

yun,bahasa lo serem bener...hehe...
panjang amat tuh kyknya...
backgroundnya keren juga,lumayan...
iya dong,emg di blogger doang,di wordpress juga ada donk...