Selasa, 23 September 2008

Pentingnya E-commerece pada Transaksi Bisnis On-line

E-Commerce / Electronic Commerce (e-business) merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual - beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital.

Tujuan dari aplikasi e-commerce adalah :
1. Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser
2. Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi, etc)
3. Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
4. Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis
5. Model pembayaran : kartu kredit atau transfer.
Contoh e-commerce dapat kita lihat dalam b2b scene yang terdapat di Edeal corp. dimana pada perusahaan tersebut,, e-commerce tsb dapat memiliki beberapa keuntungan,diantaranya Pengguna akan dapat menikmati keuntungan dari keamanan dan transaksi yang efisien dalam ; komuniti perdagangan online dengan jumlah besar ;
Dapat menjadi alat bantu untuk membangun relationship antara penjual dan pembeli

Tidak ada komentar: