Selasa, 02 Desember 2008

All about CRM

Semakin berkembangnya dunia pemasaran dewasa ini akan berdampak pada semakin tingginya tingkat persaingan antara perusahaan-perusahaan di dunia, dan untuk dapat bersaing maka strategi yang paling efektif yang harus dilakukan perusahaan adalah CRM (Customer Relation Management) dan IMC (Integrated Marketing Communication).

CRM Yaitu pola hidup perusahaan yang bertujuan untuk mengajak customernya menjadi partner dalam perusahaan tersebut dan berkembang untuk mendapatkan keuntungan bersama.Prosesnya terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
1. Indentifikasi ; 2.Akuisisi; 3.Retensi; 4.pengembangan customer
Jadi, CRM adalah suatu usaha yang memberikan kontribusi besar kepada perusahaan dengan cara memfokuskan strateginya yaitu dengan cara menjaga hubungan dengan customer secara efektif dan efisien sehingga hubungan tersebut menjadi hubungan seumur hidup (“lifetime”) yang menguntungkan.


IMC yaitu konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang memberikan nilai tambah pada strategi komunikasi yang melibatkan kegiatan sales promotion, periklanan, public relations, direct response yang dipadukan untuk menghasilkan dampak komunikasi yang berarti.

Dengan menerapkan CRM diharapkan perusahaan dapat :
a. Menyederhanakan proses bisnis
b. Meningkatkan servis/pelayanan kepada pelanggan yang mengarah ke customer relationship yang kuat
c. Meningkatkan keakuratan dan efisiensi pekerjanya
d. Suatu alat report/laporan yang membantu perusahaandalam menyajikan kinerja yang lebih baik

Tidak ada komentar: